NASIONAL 

Keluarga Berperan Bantu Pulihkan Pecandu Narkoba

POTRET BOGOR | Cigombong — Adanya Peran Keluarga bagi klien Balai Besar Rehabilitasi BNN, memiliki peranan penting dalam membantu penyembuhan penyalahgunaan narkoba. Karena, bagaimanapun juga keluarga adalah nomor satu dalam proses pemulihan.

Hal tersebut disampaikan Deputi Bidang Rehabilitasi BNN Yunis Farida pada kegiatan Silaturahmi Keluarga Besar Balai Besar Rehabilitasi BNN dengan Kepala BNN dan Dukungan Keluarga Bagi Klien Balai Besar Rehabilitasi BNN di gedung olah raga Balai Besar Rehabilitasi BNN Jalan H.R. Edi Sukma KM 21, Cigombong, Bogor, Jawa Barat. Kamis (11/7/2019).

Menurutnya, kegiatan yang mengambil tema “Keluarga mengantarkan pada kehidupan yang baru” dihadiri Kepala BNN dan para pejabat BNN serta grup band Slank merupakan momen kelanjutan dari hari Anti Narkoba Internasional tahun lalu, Dimana, mengajak keluarga klien untuk datang ketempat rehab ini.

“Jadi, agar mereka itu tahu bagaimana kelanjutan layanan rehab disini. Sebab, jangan hanya menyerahkan kepada kita untuk rehab saja, tetapi mereka juga harus tahu dan mengerti kelanjutan serta misi kita, makanya kami ajak keluarga nya bahwa ini layanan rehab kita itu, mari bersama – sama cegah mereka yang menyalahgunakannya,” katanya.

Diterangkannya, saat ini sedikitnya ada 326 residen dari berbagai profesi dengan usia antara 13 sampai 60 tahun. Sedangkan, untuk pelaksanaan rehabilitasinya ada beberapa tahapan diantaranya rehab medis, rehab sosial dengan beberapa  tahapan, hingga masuk ke rehabilitasi berkelanjutan dirumah damping untuk mereka kembali ke keluarga.

Pelaksanaan rehabilitasi tersebut merupakan salah satu program pemerintah untuk menyelamatkan anak-anak dari korban atau penyalahguna Narkoba. “Jika melaporkan diri, direhabilitasi bukan ditangkap dan diproses hukum,” katanya.

“Jangan takut dan malu untuk anaknya dilaporkan guna direhabilitasi, karena rehabilitasi adalah jalan untuk memulihkan dari penyalahgunaan narkoba,” katanya

UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika menyebutkan pecandu dan penyalahgunaan narkotika wajib direhabilitasi.(Sje)

Related posts