EKONOMI - BISNIS NASIONAL 

Groundbreaking Pembangunan Music & Arts Center, KEK MNC Lido Siapkan Lebih 100.000 Lapangan Pekerjaan

POTRETBOGOR.COM | Cigombong — MNC Land  melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama untuk memulai pembangunan Lido Music & Arts Center di MNC Lido City.

Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK) Lido, Bogor yang akan tersedia sekitar 21.000 lowongan kerja. Selain itu juga 84.000 lapangan kerja untuk tenaga kerja pendukung di luar kawasan KEK Lido.

“KEK ini bisa menggerakkan ekonomi, tapi menggerakkan ekonominya bersifat inklusif untuk masyarakat sekitar, terutama anak-anak mudanya, Ini harapan kami” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

Dia mengatakan KEK Lido ini akan menyerap 21.154 lapangan pekerjaan. Besarnya tenaga kerja yang dapat diserap oleh keberadaan KEK Lido ini diharapkan dapat membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Jawa Barat.

Bukan hanya itu, menurut Sandi kawasan penyangga KEK Lido seperti Bogor dan Sukabumi yang memiliki potensi wisata besar bisa dioptimalkan, seperti keberadaan desa wisata.

“Kita punya banyak desa wisata potensi di sekitar Sukabumi maupun Kabupaten Bogor. salah satunya yang akan kita kunjungi Desa Batulayang, adalah harapan kita bahwa ini menjadi hub untuk pengembangan desa-desa wisata,” kata dia

Keberadaan potensi-potensi wisata tersebut, Sandi sangat berharap diikuti pelaku UMKM kreatif dan pekerja seni budaya lokal dapat berkembang. Dimana impactnya roda perekonomian di kawasan itu akan bergerak.

“Adanya KEK seharusnya menjadi stimulus bagi UMKM kreatif dan seni budaya lokal bisa lebih berkembang. Tentuunya dengan kearifan lokal berkelanjutan, dan juga harapan kita bahwa Indonesia segera bangkit dari pandemi,” ucap dia.

Sementara itu Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengatakan keberadaan KEK Lido bakal berdampak sangat baik bagi masyarakat Bogor maupun Sukabumi.

Menurut Hary, lokasi tersebut bakal didatangi orang-orang dari segala penjuru dengan jumlah yang sangat besar.

Hary Tanoe juga berharap ke depan KEK Lido bisa terus dikembangkan hingga ke kawasan pesisir laut Sukabumi.

“Ini hanya berandai-andai. Kalau bisa dikembangkan mulai gunung, Lido, terus ada jalan tol, ada kawasan wisata, terus sampai laut.” katanya

“Itu bisa jadi kawasan wisata yang terbesar dan terbaik di dunia, di tengahnya bisa dipakai untuk kawasan industri. Jadi supaya industri di sekitar sini bisa berkembang,” harap Hary, dikutip Potretbogor dari Antara.

KEK MNC Lido City merupakan proyek pengembangan seluas 3.000 ha yang diproyeksikan sebagai “world-class entertainment hospitality city” di Jabodetabek.

KEK Lido akan diisi berbagai destinasi wisata, mulai dari Lido Music & Arts Center dan Movieland, Lido World Garden, Lido Lake Hotel Extension, Golf & Country Club, serta MNC Park Lido.

Keberadaan KEK Lido diproyeksikan untuk percepatan pencapaian target pemerintah pusat maupun daerah, melalui peningkatan jumlah wisatawan, pengembangan UMKM dan ekonomi kreatif, serta penyerapan tenaga kerja.

Pembangunan Lido Music & Arts Center ditargetkan selesai pada akhir tahun 2021. (*)

Sumber : Antara

Related posts