BOGOR RAYA 

Cimandehilir ‘Dikepung’ Mini Market, Pemdes Akan Ambil Langkah Ini

POTRETBOGOR.COM | Caringin — Keberpihakan Pemerintah Kabupaten Bogor terhadap usaha kecil dan menengah perlu dipertanyakan. Pasalnya, selama ini Pemkab cenderung mengobral izin pendirian minimarket yang kini menjamur di pelosok desa. Menjamurnya minimarket tersebut membuat pelaku usaha kecil dipastikan akan gulung tikar.

Diiwilayah Desa Cimande Hilir, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, terlihat jelas wilayah nya dikepung minimarket.

Bahkan, minimarket berdiri tanpa melihat kondisi sekitar, jarak antara minimarket seperti Alfamart dengan Indomart tidak jauh dan hanya beberapa meter.

Adapula, minimarket indomart yang dibangun hampir berhadapan meski lokasinya sangat dekat.

Informasi terbaru yang diperoleh, di Desa Cimande Hilir, dalam waktu dekat ini Minimarket Indomart akan membuka usaha nya kembali yang saat ini sudah selesai pembangunan, yang diduga belum mengantongi ijin. Tepatnya di Talang pangkalan ojek Cimande.

Menyikapi menjamurnya bisnis usaha waralaba di wilayahnya, Sekertaris Desa E Mulyadi mengaku kesal. Lantaran keberadaan minimarket tersebut diduga belum mengantongi izin.

“Indomart yang sekarang sudah selesai dibangun dan sebentar lagi akan buka saja izinnya belum ada. Karena belum ada laporan masuk ke desa,” katanya kepada wartawan dihubungi melalui telepon selulernya, Minggu (4/4) sore.

Menurutnya, di wilayah Desa Cimande Hilir terdapat empat usaha jenis waralaba, yakni tiga Indomart dan satu Alfamart. Namun, ke empat minimarket yang saat ini sudah beroperasi, untuk legalitas perizinannya belum diketahui.

“Kami belum tahu ke empat minimarket itu sudah ada izin atau belum, baik izin warga atau lingkungan maupun izin dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. Karena minimarket itu ada, sebelum kami dan kepala desa sekarang menjabat,” ujar Mulyadi.

Sekdes yang akrab dipanggil Damuy itu menegaskan, pihak desa akan melakukan pendataan ulang terhadap keberadaan semua minimarket tersebut.

Itu dilakukan, lanjutnya, untuk mengetahui ketaatan para pengusaha waralaba terhadap aturan pemerintah dalam hal legalitas perizinan.

“Nanti akan kami tanyakan perizinan yang dimiliki pihak pengusaha. Makanya kami akan layangkan surat pemanggilan kepada para pengusaha Indomart dan Alfamart agar ke desa,” tegasnya. (SJe)

Related posts