Jelang New Normal, Ini Destinasi Wisata Tersembunyi di Desa Wates Jaya Yang Harus dikunjungi

POTRETBOGOR.COM | Cigombong — Air Terjun Ciawi Tali merupakan salah satu destinasi wisata alam yang harus dikunjungi. Kawasan wisata ini masuk diwilayah Desa Wates Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Lokasi air terjun ini sangat tersembunyi, dimana berada di dalam hutan perhutani tepat dibawah kaki gunung Pangrango. Namun demikian, air terjun ini merupakan kekayaan potensi wisata alam yang indah.

Apalagi, kesejukan udara khas pegunungan Pangrango dengan keindahan panorama alam dapat memanjakan mata dan bisa menghilangkan rasa lelah saat berjalan kaki menuju lokasi air terjun tersebut.

Untuk sampai lokasi air terjun setinggi kurang lebih 70 meter ini, bisa ditempuh melalui jalur Kampung Sungapan Bohlam Desa Srogol dan jalur Kampung Wates perbatasan Desa Wates Jaya, Cigombong – Desa Benda Sukabumi atau bisa melalui informasi Desa Wates Jaya.

“Untuk bisa mencapai air terjun Ciawi Tali ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 2 jam. Bisa dibilang butuh tenaga ekstra, sebab akan berpetualang menembus areal pertanian warga dan kawasan hutan lindung,” kata Kepala Desa Wates Jaya, Rudi Irawan saat ditemui. Jum’at (19/6/2020).

Ia menegaskan, destinasi wisata alam air terjun tersebut masih terbilang alami, karena dikelilingi pepohonan tinggi dan jarang terjamah wisatawan akibat belum banyak mengetahuinya.

“Memang belum banyak wisatawan yang tau keberadaan air terjun ini. Makanya, bagi warga yang ingin merelaksasikan tubuhnya untuk menghilang rasa lelah, silahkan datang ke sini sambil menikmati kejernihan dan kesegaran air sungai Cisadane disepanjang jalar menuju lokasi air terjun,” ucapnya.

Selain air terjun, sambung Rudi, di sekitar lokasi itu terdapat tempat wisata alam lain yang bisa menarik kedatangan pengunjung, seperti wisata sensasi River Tubing dan camping ground.

“Pada intinya, bagi mereka yang ingin mencari keindahan alam serta kesejukan, datang saja ke tempat wisata alami ini. Sebab, di lokasi itu juga disajikan coffee drink. Nama kopinya adalah kopi gunung, kopi asli desa sini,” tuturnya.

Adanya destinasi wisata alam air terjun Ciawi Tali, Rudi akan membuat Desa Wisata. Tujuannya guna menarik wisatawan, sekaligus memberdayakan warga. Namun, untuk mewujudkan itu perlu dukungan dan perhatian dari semua pihak terkait.

“Kami berharap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor memberikan perhatian dan dukungannya untuk tempat wisata ini, baik secara moril maupun materil,” pungkas nya (Sje/*)

Related posts