EKONOMI - BISNIS NASIONAL 

Dirgahayu RI Ke 75, Hari Ini BI Luncurkan Uang Edisi Koleksi 75 Tahun Merdeka

POTRETBOGOR.COM | Jakarta – Dirgahayu kemerdekaan Republik Indonesia. Dalam rangka memperingati Hari Ulang tahun ke-75 RI, Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan siap meluncurkan uang baru. Acara peluncuran uang baru edisi koleksi ini akan digelar pada Senin (17/8/2020).

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Rahayu Puspasari membenarkan rencana peluncuran uang baru tersebut.

“Betul Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia akan meluncurkan uang baru,” ucap Rahayu dilansir Liputan6.com.

Saat ditanyakan lebih lanjut mengenai lokasi peresmian uang baru, Rahayu menyebut peluncuran dilaksanakan secara virtual untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Secara Virtual, sesuai undangan dari BI,” imbuhnya.

Adapun acara “Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia” akan dihadiri oleh Gubernur BI Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Kegiatan ini digelar pada Senin, 17 Agustus 2020, pukul 11.15 – 11.45 WIB. Dapat pula bisa disaksikan melalui live streaming di kanal YouTube Bank Indonesia.

Namun,uang baru ini bukan uang untuk transaksi, melainkan edisi khusus buat dikoleksi. BI memang beberapa kali telah menerbitkan uang edisi koleksi. Misalnya, uang edisi khusus Seri 25 Tahun Kemerdekaan Indonesia, Seri perjuangan Angkatan 45, Seri Save The Children, dan Seri Cagar Alam.

Dari gambar yang beredar, tampak muka diduga uang baru tersebut bergambar proklamator Republik Indonesia Soekarno-Hatta. Di bawah gambar proklamator tersebut terdapat gambar moda transportasi yang dibanggakan masyarakat Indonesia, yaitu MRT.

Ada dua pihak yang menandatangani diduga uang baru tersebut, yaitu Gubernur Bank Indonesia Perry Wajiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Viral penampakan uang baru yang diterbitkan untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke-75 tahun.

Menariknya, tulisan Rp 75 ribu tersebut seperti terpisah. 75 dengan angka yang besar dan menyusul di belakangnya 000 dengan bentuk yang jauh lebih kecil. Hal ini seperti menunjukkan rencana redenominasi dengan memangkas nol.

Sedangkan tampak belakang uang ini adalah gambar deretan anak-anak yang memakai berbagai baju adat dari Sabang sampai Merauke.(*)

Related posts