BOGOR RAYA WISATA 

Curug Menyegarkan Pikiran yang Layak Jadi Destinasi Liburan di Bogor

Image via: www.instagram.com/hanifsyaifulloh

POTRET BOGOR | Jika anda berkunjung ke Bogor, jangan lewatkan untuk berkunjung ke curug untuk mengisi liburan. Saking banyaknya curug, Kota Hujan ini dijuluki pula kota seribu curug.

Pemandangan hijau menyegarkan mata ditingkahi air jernih, sejenak bisa menjadi pelepas penat. potretbogor.com merangkum enam air terjun yang patut didatangi bila berwisata ke Bogor.

1. Curug Ciputri

Curug Ciputri merupakan wisata air terjun yang terletak di Desa Tapos, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Curug ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari dalam negeri maupun luar negeri untuk sekedar berfoto maupun berkemah.

Curug Ciputri memiliki tinggi kurang lebih 30 meter dengan kolam yang dapat digunakan untuk berendam walaupun tidak begitu besar. Jika pengunjung datang ke Curug ini, harus siap menguras tenaga.

Jarak dari pintu masuk menuju Curug Ciputri sekitar 1.200 meter dengan kontur menanjak. Meskipun begitu, rasa lelah pengunjung akan terbayarkan setelah sampai di air terjun yang menyuguhkan keindahan alam yang masih asri.

Tiket masuk Curug Ciputri sebesar Rp 20.000/orang untuk sekadar menikmati air terjun Curug Ciputri dan sebesar Rp 25.000/orang untuk berkemah di tempat wisata ini. Curug ini buka 24 jam setiap hari.

2. Curug Cikuluwung
Curug Cikuluwung merupakan salah satu air terjun yang terbilang baru namun menyita perhatian masyarakat. Curug ini terletak di Desa Cibitung Wetan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor Barat, Provinsi Jawa Barat. Akses menuju curug ini terbilang cukup sulit karena jalannya yang terjal dan juga curam.

Curug Cikuluwung memiliki keunikan yang tidak didapat di curug lainnya lantaran memiliki tebing bebatuan alami. Bebatuan ini seperti tumpukan batu yang tertata rapi mengelilingi air terjun Cikuluwung.

Tarif masuk ke Curug Cikuluwung sebesar Rp 20.000/orang dan juga tersedia sewa ban pelampung dengan tarif sebesar Rp 35.000/orang. Jam buka curug ini dari pukul 07.00 s/d 17.00 WIB.

3. Curug Seribu
Meski namanya Curug Seribu, bukan berarti ada seribu air terjun di sini. Keistimewaan objek wisata yang berlokasi di Gunung Bunder, Kabupaten Bogor ini adalah ketinggian air terjunnya yang kurang lebih 100 meter.

Airnya cukup jernih disertai pemandangan sekeliling yang hijau dengan pepohonan yang rimbun. Meski lokasinya jauh dari pusat kota, Curug Seribu layak didatangi wisatawan untuk menyegarkan pikiran.

Curug Seribu memiliki debit air yang cukup deras sehingga para pengunjung wajib berhati-hati saat bermain di curug ini. Harga tiket masuk ke sana sangatlah terjangkau, hanya Rp 15.000/orang dengan harga tiket parkir motor sebesar Rp 5.000 dan Harga tiket mobil sebesar Rp 10.000.

4. Curug Cigamea
Curug Cigamea adalah salah satu curug yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, tepatnya di daerah Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Dengan ketinggian air terjun sekitar 50 meter, Anda sudah bisa mendengar suara gemuruh air  dari kejauhan.

Curug ini juga memiliki kolam yang cukup luas sehingga para pengunjung dapat berendam menikmati dinginnya air terjun dan keindahan Curug Cigamea. Jika ingin berkunjung, pengunjung akan dikenakan tarif sebesar Rp 10.000/orang. Sementara, tiket parkir untuk motor sebesar Rp 5.000 dan mobil sebesar Rp 10.000.

5. Curug Love
Curug Love adalah salah satu wisata air terjun yang berada di Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor. Curug ini memiliki keunikan warna airnya yang biru dan jernih dibandingkan curug lainnya.

Dirangkum dari barawansel.com, Curug Love dulunya bernama Curug Leuwi Cateng dan saat ini berubah nama menjadi Curug Love karena aliran curug ini menyerupai bentuk hati. Bentuk hati itu berasal dari bebatuan yang terbelah di tengah.

Curug love juga memiliki pemandangan seperti Green Canyon sehingga banyak pengunjung senang untuk mengabadikan momen di curug ini. Harga tiket ke objek wisata ini ini sebesar Rp 10.000/orang, sedangkan untuk parkir kendaraan roda dua sebesar Rp 5000 dan mobil sebesar Rp 10.000

6. Curug Ciherang
Curug Ciherang adalah salah satu Curug yang terkenal di daerah Bogor. Curug ini terletak di Desa Sirnajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kota Bogor, Jawa Barat. Curug Ciherang memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter dengan aliran air yang cukup deras.

Curug ciherang juga memiliki spot foto menarik, yaitu rumah pohon. Curug ini juga dilengkapi jembatan gantung sehingga dapat menikmati sisi lain dari curug yang lebih asri. Mitosnya, berkunjung ke curug ini akan cepat mendapatkan jodoh sehingga banyak juga pengunjung yang memanfaatkan moment ini.

Jika anda ingin berkunjung ke Curug Ciherang anda akan dikenakan tarif sebesar Rp 20.000/orang. Untuk parkir motor dikenakan tarif sebesar Rp 5.000 dan mobil Rp 10.000. (*)

Related posts

Leave a Comment