Anen Siap Nahkodai Cabor Kurash

POTRETBOGOR.COM | Cibinong
Olahraga Kurash saat ini masih belum memiliki kepengursan secara resmi di Kabupaten Bogor. Sementara di Kota Bogor kepengurusan Kurash sendiri sudah ada. Bahkan, saat ini para atlet Kurash Kota Bogor, sering jadi langganan Timnas Kurash Indonesia untuk berbagai event internasional .

Berangkat dari tidak adanya Pengcab Kurash di Kabupaten Bogor, Heri Aristandi, Ketua Fraksi Partai Gerindra Kabupaten Bogor berniat untuk mempelopori berdirinya cabang olahraga yang berasal dari Uzbekistan tersebut.

“Saya sendiri belum terlalu kenal dengan olahraga Kurash, karena setahu saya beladiri itu hanya karate, taekwondo, Kemp, Silat, Judo, Gulat dan Muaythai,” kata Heri Aristandi yang kerap dipanggil Anen ini.

Menurutnya, saat ini di Kecamatan Cisarua sendiri sudah ada beberapa potensi atlet olahraga Kurash.

“Belum lama ini ada salah satu atlet Kurash asal Cisarua berhasil memberikan kontribusi medali bagi Kontingen Indonesia di ajang Sea Games 2019 di Filipina,” tegas Anen.

Cabang olahraga Kurash dipertandingkan dalam ajang olahraga multi cabang Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Indonesia sebagai tuan rumah wajib ambil bagian dalam cabang ini.

“Olahaga ini memang masih asing terdengar. Kurash adalah cabang olahraga bela diri tradisional asal Uzbekistan. Dalam bahasa Uzbek, Kurash berarti mencapai tujuan dengan cara yang adil,” paparnya.

Anen menjelaskan, Cabor Kurash memiliki teknik bela diri yang hampir sama dengan judo maupun gulat.

Perbedaan yang agak signifikan adalah, lanjut Anen, Kurash hanya boleh menggunakan bantingan atas dengan tangan dan tidak boleh bantingan bawah atau menggunakan kaki.

“Ada tiga perhitungan poin dalam Kurash. Petarung yang terlebih dahulu mencapai halal atau poin tertinggi, keluar sebagai pemenang,” ucapnya

Menyinggung pembentukan cabor Kurash di Kabupaten Bogor, Anen akan segera melakukan pembahasan dengan beberapa orang yang memang sudah mengenal olahraga Kurash

“Sebelum membentuk atau mengusulkan Kurash sebagai cabor yang diakui KONI Kabupaten Bogor, minimal saya harus mendata dulu orang orang yang paham dan sudah menggeluti olahraga Kurash saat ini,” tukasnya.

DEBOR

Related posts