Android Kamu Dibajak, Cek Cara Lindunginya!

POTRETBOGOR.COM | Jakarta – Sebuah studi menemukan bahwa hampir 87% dari semua perangkat Android tidak aman. Kerentanan ini muncul karena kurangnya pembaruan keamanan.

Internet tidak pernah aman saat terhubung ke web. Keselamatan adalah perhatian utama saat ini, dan banyak aplikasi pihak ketiga telah berupaya untuk menyempurnakannya.

Aplikasi berikut akan membantu Anda melindungi perangkat Android Anda dari ancaman keamanan sebagaimana dikutip dari Geekflare.

Avast Mobile Security

Avast adalah salah satu antivirus gratis paling tepercaya di dunia untuk Android yang memberi tahu Anda saat spyware, adware terinstal, dan melanggar privasi Anda. Tingkat deteksi malware Android terbaru adalah sekitar 99.9% dan sekitar 100% malware terdeteksi dalam empat minggu terakhir.

Sophos Antivirus and Security

Sophos adalah salah satu aplikasi antivirus terbaik yang dimiliki seseorang di Android tanpa biaya sama sekali. Meski tampilan penggunanya mungkin tidak terlalu mengesankan Anda. Namun, fitur-fiturnya pasti akan menenangkan pikiran Anda.

Pemindaian virus dari aplikasi yang diinstal, aplikasi yang ada, dan media penyimpanan memberikan perlindungan dari kerugian dan pencurian dengan dukungan akses jarak jauh yang memungkinkan pengguna untuk menghapus, mengunci, membunyikan, dan menemukan perangkat Anda. Aplikasi ini juga berfungsi sebagai penyaringan web pemblokiran spam.



AppLock

Penggunaan aplikasi ini cukup sederhana. AppLock melindungi aplikasi individu dari penyusup dengan meminta pengguna untuk memasang pin/pola untuk mengakses aplikasi. Anda dapat mengunci SMS, Kontak, Gmail atau aplikasi apa pun.

Jangan bingung antara kunci aplikasi dengan kunci bawaan ponsel Anda. Kunci internal mengunci perangkat Anda. Tidak ada yang bisa diakses. Namun, AppLock mengunci aplikasi yang telah Anda pilih.

Signal Private Messenger

Signal Private Messenger memungkinkan Anda untuk menambahkan lapisan keamanan ekstra ke pesan teks SMS biasa bahkan jika salah satu pengguna tidak menggunakan Signal Private Messenger. Ini dikembangkan oleh Open Whisper System.

Secure Call

Secure Call menyediakan enkripsi ujung ke ujung untuk panggilan pribadi Anda sehingga mencegahnya didengar oleh penyusup. Ini menggunakan aplikasi telepon default untuk membuat dan menerima panggilan telepon.

OpsApp

Fungsi dasar dari App Ops adalah untuk mencabut satu set izin tertentu untuk aplikasi tertentu. Banyak aplikasi memiliki izin tambahan yang sama sekali tidak terkait dengan fiturnya.

App Ops membantu Anda memblokir izin yang tidak perlu tersebut. Saat Anda memasang aplikasi di perangkat, Anda perlu memberikan izin ke semua aspek perangkat yang diminta aplikasi tersebut

Jika Anda menolak izin untuk salah satunya, aplikasi tidak akan dipasang. App Ops berguna dalam situasi seperti itu di mana Anda dapat menginstal aplikasi tanpa memberinya serangkaian izin tertentu.

LastPass

LastPass adalah salah satu pengelola kata sandi terbaik yang tersedia di pasar yang memungkinkan Anda menyimpan kata sandi dari banyak akun Anda dengan lapisan keamanan ekstra.

Find My Device

Ini memungkinkan Anda untuk menderingkan, menemukan, mengunci perangkat Android Anda dari jarak jauh. Ini juga memungkinkan Anda untuk menghapus seluruh data perangkat jika secara kebetulan perangkat tersebut berada di luar jangkauan Anda secara permanen.

NoRoot Firewall

NoRoot Firewall memberi Anda kendali atas akses Internet untuk aplikasi tanpa me-rooting perangkat Anda. Ini memungkinkan kita untuk memilih apakah aplikasi tertentu hanya dapat mengakses Internet melalui wifi atau hanya melalui data seluler atau tidak atau keduanya.

Orbot

Orbot membuat koneksi data seluler yang benar-benar pribadi. Data dienkripsi dan dienkripsi ulang beberapa kali hingga mencapai jaringan terakhir tempat data didekripsi, sehingga mencegah pengirim dilacak.(*)

Sumber:Cnbc Indonesia

Related posts