GAYA HIDUP 

6 Kiat Menabung untuk Modal Nikah Biaya Sendiri

unsplash

POTRETBOGOR.COM | Menikah di negara kita masih dimaknai dengan hajatan besar yang harus mengundang banyak orang. Tentu saja hal ini jadi cukup menantang bagi kamu pasangan yang cenderung mandiri dan tak terbiasa menyusahkan orangtua. Ada kebanggaan sendiri saat kamu dan pasangan memutuskan untuk merencanakan tabungan dengan biaya sendiri, tanpa membebankan orangtua. 

Namun pada kenyataannya, tantangan ini tidak semudah yang dibayangkan. Keinginan orangtua untuk ikut menyuntikkan dana atau kebutuhan gaya hidup kalian yang tinggi kadang membuat kalian ingin angkat tangan saja. 

Sebelum kalian menyerah, berikut adalah beberapa kiat yang bisa dilakukan sama pasangan kala ingin mempersiapkan nikah dengan modal sendiri. 

1. Layaknya kapal yang mengarungi lautan, kalian tahu pelabuhan yang dijadikan tujuan, tentukan tahun berapa kalian ingin menggelar pernikahan

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan ketika akan mengambil modal nikah dengan biaya sendiri adalah rincian pernikahan dan berbagai pernak-pernik yang ada di dalamnya. Meski kamu akan merencanakan menikah 5 atau 8 tahun lagi, namun rincian dana yang dipakai harus sudah dipersiapkan jauh-jauh hari.

Ini akan membantu kalian menentukan berapa tabungan yang harus dikumpulkan setiap tahunnya, sehingga akan lebih mudah mencapai target atau tujuan pernikahan kalian.

2. Untuk memudahkan, buat rekening bersama dan tentukan berapa persen dari gaji kalian yang akan disisihkan untuk biaya nikah

Untuk memudahkan, buat rekening bersama dengan pasangan kamu. Kamu bisa menyisikan misalnya 20 persen dari gaji kalian. Misal saat ini gaji kalian per bulan Rp4 juta, tiap bulan kalian bisa menyisikan Rp800 ribu. Jika dikalikan dua akan menjadi Rp1,6 juta per bulan, sehingga dalam waktu 4 tahun kalian sudah mendapatkan Rp76,8 juta untuk biaya nikah. 

3. Banyak pilihan investasi yang bisa kalian ambil untuk persiapan biaya lain mulai dari saham, deposito, reksadana, emas, kesehatan, dan lain-lain

Sudah banyak berbagai investasi yang dapat kalian ambil untuk mempersiapkan biaya lain seperti rumah untuk tempat tinggal nanti. Misalnya jika kalian mendepositokan tabungan Rp 20juta di bank atau membeli lot saham tertentu maka kalian bisa memperoleh sekitar Rp80 ribu per bulan.

Jika dikalikan dua orang jadi Rp160 ribu per bulan. Dalam waktu 4 tahun kalian bisa menabung dan mendapatkan Rp7,68 juta untuk menyewa kamar kos pasutri atau rumah kontrakan sederhana.

4. Mulai biasakan gaya hidup sederhana, hitung dengan teliti pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya

unsplash/ Sharon McCutcheon

Mulai sekarang buat prinsip hidup sederhana, demi bisa menikah muda. Akan selalu ada hal yang harus dikorbankan ketika kalian memutuskan untuk menginginkan sesuatu seperti menikah dengan biaya sendiri. Memang godaan dari luar seperti gaya hidup dan berbagai pengeluaran lain terlalu menggiurkan, namun bukan berarti kamu tidak bisa memulai hidup sederhana dari sekarang.

Kalian barangkali bukan perancang keuangan handal, tapi saat mau berkomitmen tabungan bersama untuk modal nikah akan lebih mudah terkumpul. Bisa mulai dari mana saja, seperti misalnya membawa bekal makan siang sendiri waktu di kantor. 

5. Alokasikan biaya kencan atau tukar hadiah untuk pasangan ke rekening bersama

Kalau dahulu kalian sudah menikmati rasanya kencan tiap minggu, mulai sekarang pangkas dana itu untuk dialokasikan ke tabungan bersama untuk pernikahan. Masih banyak cara kencan yang lebih seru kok, gak melulu harus menghabiskan uang untuk makan di luar atau liburan jauh yang memakan banyak biaya.

Begitu pula beberapa hal yang biasa dilakukan seperti saling tukar hadiah. Kalian dapat ‘memberikan mentahnya saja’ dan menyalurkan ke tabungan pasangan.  

6. Konsep pernikahan impian kamu dengan budgetseminimal mungkin, anggarkan sisa tabungan untuk pernak-pernik pranikah dan pascanikah

Buat konsep pernikahan dengan dana seminimal mungkin yang kalian bisa keluarkan. Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan seperti misalnya mengundang kenalan terdekat, memilih menikah di rumah, atau memilih bantuan saudara untuk membantu jalannya acara.

Secara tidak langsung ini akan membantu untuk memangkas biaya nikah. Kamu dapat menganggarkan sisa tabungan ke hal-hal lain seperti acara lamaran atau keperluan furnitur untuk rumah kalian nanti. 

Itulah tadi beberapa hal yang bisa kalian siapkan untuk tabungan nikah. Jarang lho ada pasangan mandiri yang menabung untuk biaya nikah sendiri.(*)

Sumber : IDNTimes